Pengetahuan Umum Mengenai Bisnis Internasional
Nama : Ifa Mustaghfiroh
Nim : 01219139
Prodi : Management
Kelas : B
Dosen : Ibu hj. I. .G .A Aju Nitya
Dharmani S. ST. SE. MM
Pengetahuan Umum Mengenai Bisnis Internasional
1. Kegiatan pemasaran dalam bisnis internasional,
mulai dari menilai dan menganalisis pasar, memasarkan secara internasional,
sampai melakukan kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu ada 4 Aspek Pemasaran
agar misi bisnis organisasi sukses yaitu
1.Segmentasi
Pasar
Segmentasi
pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya,
demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar
dalam melakukan segmentasi
2.Analisa
Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa
ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, Anda
juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan
bentuk promosi yang akan Anda berikan kepada konsumen
3.Analisa
Pesaing
Analisa
pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi
penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang
memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan
produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum Anda.
4.
Promosi
Promosi
adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar
melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi
secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi
persuasive.
2. Pelaku pasar di negara maju memandang produk
dari negara sedang berkembang sebagai produk berkualitas rendah. Berikut strategi
untuk memasarkan produk dari negara maju terhadap negara berkembang
1. Mempersiapkan Produk Berstandar Nasional dan Internasional
2. Perluas Jaringan Anda dengan Pemasaran Aktif di Dunia Online
3. Ikuti pameran local dan luar negri
4. Anda Harus Memiliki Barometer Produk Sejenis
5. Sosialisasikan produk Anda ke industri sesuai dengan target audiens atau segmen pasar Anda
1. Mempersiapkan Produk Berstandar Nasional dan Internasional
2. Perluas Jaringan Anda dengan Pemasaran Aktif di Dunia Online
3. Ikuti pameran local dan luar negri
4. Anda Harus Memiliki Barometer Produk Sejenis
5. Sosialisasikan produk Anda ke industri sesuai dengan target audiens atau segmen pasar Anda
3. manfaat dari misi sosial atau dalam istilah
asing dikenal dengan CSR (Corporate
Sosial Responsibility) bagi perkembangan perusahaan di masa yang akan dating yaitu
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Manfaat CSR yang pertama adalah Meningkatkan Citra Perusahaan. Perusahaan yang melakukan kegiatan CSR akan dipandang memiliki nilai kepedulian yang tinggi di masyarakat.
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
Manfaat CSR yang kedua adalah Memperkuat “Brand” Perusahaan. Tidak jarang perusahaan yang melakukan CSR juga turut memberikan produknya secara gratis kepada masyarakat. Dengan memberikan produk secara gratis tersebut, secara tidak langsung perusahaan sudah memperkuat posisi brand dan produknya di masyarakat.
3. Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam menjalankan kegiatan CSR, perusahaan tidak bekerja sendirian. Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat atau dinas terkait untuk bekerjasama menjalankan program CSR nya. Terjalinnya relasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan ini akan mengembangkan kerjasama diantara mereka ke depannya.
4. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Dengan melakukan CSR, perusahaan akan berusaha tampil beda dari pesaingnya dan menunjukan bahwa perusahaannya peduli dengan masyarakat sekitar.
5. Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
CSR adalah kegiatan yang bersinambungan dalam rangka memberdayakan masyarakat. Dengan CSR pula perusahaan sebenarnya bisa menghasilan inovasi dan pembelajaran yang dapat meningkatkan pengaruh perusahaan di masyarakat, industri terkait bahkan pemerintahan.
6. Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Perusahaan yang melakukan CSR biasanya menjadi magnet tersendiri untuk para investor. Banyak investor yang menanamkan investasinya pada perusahaan yang memiliki kegiatan CSR di dalamnya karena dapat meningkatkan citranya juga.
7. Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.
#BanggaNarotama1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Manfaat CSR yang pertama adalah Meningkatkan Citra Perusahaan. Perusahaan yang melakukan kegiatan CSR akan dipandang memiliki nilai kepedulian yang tinggi di masyarakat.
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
Manfaat CSR yang kedua adalah Memperkuat “Brand” Perusahaan. Tidak jarang perusahaan yang melakukan CSR juga turut memberikan produknya secara gratis kepada masyarakat. Dengan memberikan produk secara gratis tersebut, secara tidak langsung perusahaan sudah memperkuat posisi brand dan produknya di masyarakat.
3. Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam menjalankan kegiatan CSR, perusahaan tidak bekerja sendirian. Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat atau dinas terkait untuk bekerjasama menjalankan program CSR nya. Terjalinnya relasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan ini akan mengembangkan kerjasama diantara mereka ke depannya.
4. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Dengan melakukan CSR, perusahaan akan berusaha tampil beda dari pesaingnya dan menunjukan bahwa perusahaannya peduli dengan masyarakat sekitar.
5. Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
CSR adalah kegiatan yang bersinambungan dalam rangka memberdayakan masyarakat. Dengan CSR pula perusahaan sebenarnya bisa menghasilan inovasi dan pembelajaran yang dapat meningkatkan pengaruh perusahaan di masyarakat, industri terkait bahkan pemerintahan.
6. Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Perusahaan yang melakukan CSR biasanya menjadi magnet tersendiri untuk para investor. Banyak investor yang menanamkan investasinya pada perusahaan yang memiliki kegiatan CSR di dalamnya karena dapat meningkatkan citranya juga.
7. Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.
#NarotamaJaya
#Missmanagement
#UniversitasNarotama
#ElinaNarotama
#Kuliahdarirumah
#Ujiandarirumah
#Thinksmart
#Missmanagement
#UniversitasNarotama
#ElinaNarotama
#Kuliahdarirumah
#Ujiandarirumah
#Thinksmart
Komentar
Posting Komentar