Pengetahuan Umum Mengenai Bisnis Internasional


Nama : Ifa Mustaghfiroh

Nim : 01219139

Prodi : Management 

Kelas : B

Dosen : Ibu hj. I. .G .A Aju Nitya Dharmani S. ST. SE. MM


Pengetahuan Umum Mengenai Bisnis Internasional



1.      Kegiatan pemasaran dalam bisnis internasional, mulai dari menilai dan menganalisis pasar, memasarkan secara internasional, sampai melakukan kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu ada 4 Aspek Pemasaran agar misi bisnis organisasi sukses yaitu
1.Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi
2.Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, Anda juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan Anda berikan kepada konsumen
3.Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum Anda.
4. Promosi
Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasive.
2.      Pelaku pasar di negara maju memandang produk dari negara sedang berkembang sebagai produk berkualitas rendah. Berikut strategi untuk memasarkan produk dari negara maju terhadap negara berkembang
1. Mempersiapkan Produk Berstandar Nasional dan Internasional
2. Perluas Jaringan Anda dengan Pemasaran Aktif di Dunia Online
3. Ikuti pameran local dan luar negri
4. Anda Harus Memiliki Barometer Produk Sejenis
5. Sosialisasikan produk Anda ke industri sesuai dengan target audiens atau segmen pasar Anda
3.      manfaat dari misi sosial atau dalam istilah asing dikenal dengan  CSR (Corporate Sosial Responsibility) bagi perkembangan perusahaan di masa yang akan dating yaitu
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Manfaat CSR yang pertama adalah Meningkatkan Citra Perusahaan. Perusahaan yang melakukan kegiatan CSR akan dipandang memiliki nilai kepedulian yang tinggi di masyarakat.
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
Manfaat CSR yang kedua adalah Memperkuat “Brand” Perusahaan. Tidak jarang perusahaan yang melakukan CSR juga turut memberikan produknya secara gratis kepada masyarakat. Dengan memberikan produk secara gratis tersebut, secara tidak langsung perusahaan sudah memperkuat posisi brand dan produknya di masyarakat.
3. Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam menjalankan kegiatan CSR, perusahaan tidak bekerja sendirian. Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat atau dinas terkait untuk bekerjasama menjalankan program CSR nya. Terjalinnya relasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan ini akan mengembangkan kerjasama diantara mereka ke depannya.
4. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Dengan melakukan CSR, perusahaan akan berusaha tampil beda dari pesaingnya dan menunjukan bahwa perusahaannya peduli dengan masyarakat sekitar.
5. Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
CSR adalah kegiatan yang bersinambungan dalam rangka memberdayakan masyarakat. Dengan CSR pula perusahaan sebenarnya bisa menghasilan inovasi dan pembelajaran yang dapat meningkatkan pengaruh perusahaan di masyarakat, industri terkait bahkan pemerintahan.
6. Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Perusahaan yang melakukan CSR biasanya menjadi magnet tersendiri untuk para investor. Banyak investor yang menanamkan investasinya pada perusahaan yang memiliki kegiatan CSR di dalamnya karena dapat meningkatkan citranya juga.
7. Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.
#BanggaNarotama
#NarotamaJaya
#Missmanagement
#UniversitasNarotama
#ElinaNarotama
#Kuliahdarirumah
#Ujiandarirumah
#Thinksmart

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh permasalahan etika bisnis

Cara mudah menangani keuangan dalam bisnis!

Live Map Fighters